Terancam putus Trester Pelabuhan Bongkar-muat Batutua  Rote Ndao 

Reporter : Ariyanto Tulle
Editor : Redaksi
  • Bagikan
PenaIndonesia

PENA-INDONESIA.COM. Pelabuhan Batutua, yang terletak  di Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terancam putus

Ancaman terputusnya sarana pelabuhan laut ini pada bagian sisi trester  yang sementara mengalami kerusakan berat akibat hantaman air pasang besar karena letak geografis pelabuhan Batutua yang sangat terbuka dan menerima dua musim angin.

Swipe up untuk membaca artikel

Hal ini disampaikan oleh Kepala  Pelabuhan Batutua, El Yakim saat ditemui di Ruang kerjanya, Jumat (15/7/2022), Sekitar Pukul 11:40 Wita.

Foto. Kepala  Pelabuhan Batutua, El Yakim

El Yakim. Mengatakan.  Kerusakan yang sedang dialami pelabuhan Batutua,  Dirinya  sudah mengetahui dan akan segera dilaporkan ke Kepala Pelabuhan Baa selaku atasannya.

Menurut El Yakim, kerusakan berat tersebut  akibat  hantaman badai siklon tropis Seroja tahun 2021 lalu. Selain itu pula letak geografis pelabuhan yang berpapasan dengan dua musim angin yakni angin timur dan angin  barat karena letak pelabuhan batutua berada pada selatan yang harus menerima hantaman gelombang besar sejak Bulan Juni hingga Agustus.

Baca Juga :   Danrem 161/Wira Sakti terima kunjungan Danlanud El Tari Kupang.

Selanjutnya di jelaskan pula, pihaknya sudah melaporkan kerusakan Bolder yang patah dan terlepas namun untuk kerusakan Trester jalan masuk pelabuhan Batutua belum diberitahukan kepada kepala Pelabuhan Baa, Yoseph Bere, S.Sos, selaku atasan.

Selain itu. El Yakim mengatakan,  tujuan adanya pelabuhan Batutua diperuntukkan untuk kapal-kapal barang dalam aktifitas bongkar muat barang-barang yang dibawah masuk dan keluar dari Pulau Rote

  • Bagikan